RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
satuan pendidikan :
Smk N 1 Banyudono
Bidang
keahlian :Bisnis
dan Manajemen
Paket
keahlian :
Akuntansi
Mata
pelajaran :
Akuntansi Keuangan
Materi
:
Kewajiban/Utang lancar
Kelas /
Semester :
X1 /2
Alokasi
Waktu :
3 x2(2 x 45 menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Mensyukuri
karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola
administrasi keuangan entitas.
1.2.
Mengamalkan
ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk
menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami,
relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
2.1.
Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan
memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan
prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.
2.3.
Menghargai
kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam
menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam
|
3.17. Menjelaskan pengertian kewajiban/ utang
lancar dan jenis-jenisnya serta pencatatan jenis-jenis utang lancar
4.17.
Mencatat transaksi yang terkait dengan
kewajiban/utang lancar
C.
Indikator
pencapaian kompetensi
a.
Mengaplikasikan
perilaku disiplin, jujur, teliti, tanggung jawab, obyektif, kreatif, inovatif,
santun, peduli dan ramah lingkungan dalam melakukan pekerjaan sebagai bagian
dari sikap ilmiah
b.
Mengetahui pengertian kewajiban lancar dan jenis
pencatatan utang lancar
c.
Mengetahui transaksi utang lancar
dan mencatat transaksi dalam bentuk jurnal
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
kegiatan pembelajaran siswa diharapkan:
a.
Mampu menjelaskan pengertian
kewajiban lancar dan jenis pencatatan
utang lancar
b.
Mampu mencatat transaksi utang
lancar
E. Materi
pembelajaran
Pertemuan 1
·
Pengertian utang lancar dan jenis-jenis utang
lancar
·
Pengukuran utang lancar
Pertemuan 2
Pencatatan utang-utang lancar:
·
Utang dagang
·
Utang wesel
·
Utang deviden
·
Utang pajak
Pertemuan
3
·
Utang biaya
·
Utang Pendapatan (pos transitoris pasif)
·
Utang bonus
·
Utang lainnya.
F. Kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x45 menit)
Kegiatan
|
Sintagmatik
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
·
Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
pembuka dan berdoa sebelum memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa sebagai cerminan
sikap disiplin
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai oleh peserta didik
·
Melakukan apresepsi dengan mengaitkan materi
utang dengan kegiatan sehari-hari
·
Peserta didik
menerima informasi pengantar tentang utang
/kewajiban lancar
·
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru tentang kewajiban lancar/utang lancar
|
15 menit
|
|
Inti
|
1.
Pemberian
Rangsangan (Stimulation)
|
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang utang
lancar/kewajiban lancar
|
55 menit
|
|
2.
Pernyataan/Identifikasi
Masalah (Problem Statement)
|
Menanya
Merumuskan pertanyaan
untuk mengidentifikasi masalah kewajiban lancar
.
|
|||
3.
Pengumpulan Data (Data Collection)
|
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi tentang kewajiban lancar
|
|||
4. mengolah data
|
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi
tentang kewajiban lancar
· menyimpulkan
keseluruhan materi
|
|||
|
|
|||
5.Menarik Kesimpulan
(Generalization)
|
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang kewajiban lancar dan mempre-sentasikannya
dalam bentuk tulisan dan lisan.
|
|||
Penutup
|
|
·
Siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari
·
Siswa merefleksi penguasaan materi yang
telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
·
Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
·
Siswa saling memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
·
Guru menugaskan siswa untuk mencari
informasi melalui buku atau referensi lain
yang relefan dengan kewajiban lancar
|
20 menit
|
|
Pertemuan
2 ( 2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Sintagmatik
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
·
Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
pembuka dan berdoa sebelum memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa sebagai cerminan
sikap disiplin
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai oleh peserta didik
·
Peserta didik
menerima informasi pengantar tentang pencatatan utang lancar yaitu utang
dagang,utang wesel,utang pajak,utang deviden,)
·
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru tentang pencatatan kewajiban lancar/utang lancar
|
15 menit
|
|
Inti
|
4.
Pemberian
Rangsangan (Stimulation)
|
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang pencatatan
utang lancar(utang dagang,utang wesel,utang pajak,utang deviden,)
|
60 menit
|
|
5.
Pernyataan/Identifikasi
Masalah (Problem Statement)
|
Menanya
Merumuskan pertanyaan
untuk mengidentifikasi masalah pencatatan utang lancar (utang
dagang,utang wesel,utang pajak,utang deviden,)
.
|
|||
6.
Pengumpulan Data (Data Collection)
|
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi tentang pencatatan utang lancar(utang dagang,utang
wesel,utang pajak,utang deviden,)
|
|||
4. mengolah data
|
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi
tentang pencatatan utang lancar (utang dagang,utang
wesel,utang pajak,utang deviden,)
· menyimpulkan
keseluruhan materi
|
|||
|
|
|||
5.Menarik Kesimpulan
(Generalization)
|
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
pencatatan utang lancar (utang dagang,utang wesel,utang pajak,utang
deviden ) dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan.
|
|||
Penutup
|
|
·
Siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari
·
Siswa merefleksi penguasaan materi yang
telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
·
Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
·
Guru menugaskan siswa untuk mencari
informasi melalui buku atau referensi lain
yang relefan tentang pencatatan utang lancar (utang dagang,utang wesel,utang
deviden,utang pajak,)
|
15 menit
|
|
Pertemuan
3 ( 2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Sintagmatik
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
·
Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
pembuka dan berdoa sebelum memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa sebagai cerminan
sikap disiplin
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai oleh peserta didik
·
Peserta didik
menerima informasi pengantar tentang pencatatan utang lancar yaitu utang
pendapatan ,utang biaya,utang bonus ,utang lainya
·
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru tentang pencatatan kewajiban lancar/utang lancar
|
15 menit
|
|
Inti
|
7.
Pemberian
Rangsangan (Stimulation)
|
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang
pencatatan utang lancar(utang pendapatan,utang biaya,utang bonus,utang
lainya)
|
60 menit
|
|
8.
Pernyataan/Identifikasi
Masalah (Problem Statement)
|
Menanya
Merumuskan pertanyaan
untuk mengidentifikasi masalah pencatatan utang lancar (utang biaya,utang
pendapatan,utang bonus,utang lainya)
.
|
|||
9.
Pengumpulan Data (Data Collection)
|
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi tentang pencatatan utang lancar(utang biaya,utang
pendapatan,utang bonus,utang lainya,)
|
|||
4. mengolah data
|
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi
tentang pencatatan utang lancar (utang biaya,utang
pendapatan,utang bonus,utang lainya,)
· menyimpulkan
keseluruhan materi
|
|||
|
|
|||
5.Menarik Kesimpulan
(Generalization)
|
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
pencatatan utang lancar (utang biaya,utang pendapatan,utang
bonus,utang lainya,) dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan.
|
|||
Penutup
|
|
·
Siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari
·
Siswa merefleksi penguasaan materi yang
telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
·
Siswa melakukan evaluasi pembelajaran..
·
Guru menugaskan siswa untuk mencari
informasi melalui buku atau referensi lain
yang relefan tentang pencatatan utang lancar (utang biaya,utang pendapatan,utang
bonus,utang lainya)
|
15 menit
|
|
G.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar,Remedial dan Pengayaan
Pertemuan
1
1. Penilaian sikap
a.
Teknik :
Pengamatan sikap
b.
Bentuk:
Lembar Pengamatan
c.
Instrumen
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Jujur
|
Peduli
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
Rata-rata
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubric
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ejeg/konsisten
|
2
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan ajeg/konsisten.
|
3
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus
ajeg/konsisten
|
4
|
|
2. Penilaian keterampilan
no
|
Nama siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep /strategi pemecahan
masalah
|
||||
|
|
KT
|
T
|
ST
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
KT : Kurang terampil jika sama sekali
tidak dapat menerapkan konsep/prinsip strategi pemecahan masalah yang relevan
dengan materi
T : Terampil jika menunjukan sudah
ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
strategi pemecahan masalah yang relevan dengan materi namun belum
maksimal
ST : sangat terampil jika menunjukan
adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
3. Penilaian pengetahuan
a.
Teknik : Tes Tertulis
b.
Bentuk : Uraian
c.
instrument
1)
Kewajiban merupakan utang suatu perusahaan
yang timbul dari transaksi pada waktu yang lalu dan harus dibayar dengan
kas,barang atau jasa dimasa mendatang.dari definisi tersebut jelaskan karakteristik kewajiban!
2) Kewajiban
lancar memiliki system pengukuran yang
disebut pengukuran utang lancar.jelaskan apa yang dimaksud pengukuran utang
lancar dan sebutkan klasifikasi kewajiban lancar
3) Sebutkan
dan jelaskan kewajiban lancar contoh utang lancar
d.
Kunci jawaban
1)
Karakteristik
·
Penyelesaianya dimasa datang melalui
penyerahan kas,barang atau jasa
·
Tidak dapat dihindari
·
Timbul akibat transaksi atau peristiwa dimasa
lalu
2)
Pengukuran merupakan proses pemberian atribut
nilai pada utang,atribut nilai yang diberikan pada utang adalah nilai moneter
Secara umum utang akan diukur sebesar nilai sekarang dari utang
tersebut yang merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan untuk melunasinya
sekarang.aturan ini lebih tepat untuk
utang tidak lancar.sementara itu utang yang berasal dari kegiatan
operasional misalnya utang gaji/utang usaha umumnya utang ini kan dilunasi
sehingga selisih antara nilai jatuh
tempo dengan nilai sekarang utang tersebut tidak material.oleh karena itu utang
yang berasal dari operasional umumnya untuk tujuan praktis disajikan sebesar nilai jatuh temponya.
·
Klasifikasi utang lancar
-
Utang yang jumlahnya sudah pasti
-
Utang yang jumlahnya harus diestimasi
-
Utang bersyarat
3) Contoh
utang lancar
·
Hutang Usaha
Hutang usaha atau hutang dagang adalah saldo yang
terhutang kepada pihak lain baik berupa barang, suplies ataupun jasa yang
dibeli dengan secara kredit. Penilaian yang dilakukan didasarkan pada jumlah
pesanan(invoice).
·
Hutang Wesel
Perusahaan kadangkala menerbitkan
sebuah promes atau janji tertulis untuk membayar uang pada tanggal tertentu.
Dilihat dari ada atau tidaknya tarip bunga yang harus dibayar, noters dapat
dibagi menjadi hutang wesel berbunga dan hutang wesel tak berbunga
-
Hutang Wesel
Berbunga (Interest Bearing Notes
Payable)
-
Wesel Bayar Tak Berbunga secara eksplisit (Non Interest Bearing Notes)
·
Hutang Deviden
Hutang
deviden adalah kewaiban perusahaan kepada pemegang saham karena mengumumkan
pembagian laba berupa kas dan aktiva lain.
Deviden
menjadi hutang pada saat diumumkan oleh dewan Direksi perusahaan. Hutang
deviden tidak bertambah seperti halnya bunga pada obligasi.
·
Hutang gaji dan hutang Biaya
Hutang Gaji dan hutang bunga, seperti
biaya bunga, biaya iklan, biaya telepon, listrik, dsb, timbul karena adanya
konsep accrual basis yang akan digunakan dalam akuntansi, yg antara lain
menyatakan bahwa biaya yang dinikmati manfaatnya meskipun belum dibayar harus
diakui. Oleh karena itu jika pada akhir periode terdapat gaji atau biaya yang
sudah menjadi kewajiban meskipun belum dibayar harus diakui adanya hutang.
·
Hutang Bonus
Untuk meningkatkan semangat kerja
karyawannya maka biasanya perusahaan pd akhir tahun memberikan bonus kepada
sebagian atau kepada seluruh karyawan. Sedangkan besarnya bonus yang diberikan
bisa didasarkan pada :
- Gaji
pokok
jika besarnya bonus didasarkan pd gaji
pokok, maka dlm perhitungannya tdk ada masalah karena jumlah bonus yg dibayarkan
dapat diketahui dan ditentukan jauh sebelum dibayarkan.
- Laba
tahun berjalan
jika besarnya bonus dihitung berdasarkan
pd laba, maka masalah yg timbul adalah laba yg mana sebagai dasar penentuan
besarnya bonus
3. Pedoman penskoran
No
|
Aspek
dan Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kelengkapan
a. kejelasan pendefinisisan dengan tepat
b. Kebenaran dalam
menyebutkan dan menjelaskan
c. kebenaran menyebutkan
|
3
2
1
|
2
|
Kesesuaian
a. Data (kalimat) mendukung atau sesuai
dengan data teks
b. Data (kalimat) hanya dua yang mendukung
atau sesuai dengan struktur
c. Data (kalimat) hanya satu yang mendukung
atau sesuai dengan struktur
|
3
2
1
|
4.
Remidial
Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya
bimbingan perorangan.
5.
Pengayaan
Secara
mandiri peserta didik belajar dan menentukan struktur dan teks cerita yang
diminati.
Pertemuan
2
1.
Penilaian
sikap
a.
Teknik :
Pengamatan sikap
b.
Bentuk : Lembar Pengamatan
c.
Instrumen
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Jujur
|
Peduli
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
Rata-rata
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ejeg/konsisten
|
2
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan ajeg/konsisten.
|
3
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus
ajeg/konsisten
|
4
|
2. Penilaian keterampilan
no
|
Nama siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep /strategi pemecahan
masalah
|
||||
|
|
KT
|
T
|
ST
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
KT : Kurang terampil jika sama sekali
tidak dapat menerapkan konsep/prinsip strategi pemecahan masalah yang relevan
dengan materi
T : Terampil jika menunjukan sudah
ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
strategi pemecahan masalah yang relevan dengan materi namun belum
maksimal
ST : sangat terampil jika menunjukan
adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
3. Penilaian pengetahuan
a. Teknik :
Tes Tertulis
b. Bentuk :
Uraian
c.
Instrument
1). PT.
Mewah pada tanggal 10 Juni 2011 mengumumkan dividen tunai sebesar Rp100 atas
satu juta lembar saham yang dibayarkan tanggal 16 Juli 2011 kepada semua
pemegang saham yang tercatat per 24 Juni 2011.
2).
perusahaan pada tanggal 2 April 2004 perusahaan menerbitkan sebuah promes nilai
nominal Rp1.000.000,00 bunga 12% setahun yang akan jatuh tempo 30 Juni 2004
sebagai pelunasan hutang usaha
3.)
Tanggal 30 Desember 2003 perusahaan
menyerahkan wesel tak berbunga nominal Rp100.000.000,00 kepada seorang kreditur
untuk melunasi hutang perusahaan kepadanya sebesar Rp90.000.000,00. Jika
diserahkannya promes (hutang wesel) tersebut adalah nilai hutang yang dilunasi
yaitu Rp90.000.000,00. Jatuh tempo wesel 30 Agustus 2004.
4). Pada
tanggal 3 Maret 2010 PT ABC mengumumkan akan membagikan deviden sebesar Rp
1.000.000 yang akan dibayarkan pada tanggal 3 April 2010.
5). Dijual barang secara kredit senilai
25.000.000,pajak penjualan 25%
Diminta :
buatlah jurnal masing- masing transaksi diatas!
d. kunci
jawaban
1).
0/6/2011 Laba
ditahan Rp100.000.000
Hutang
dividen
Rp100.000.000
*Laba ditahan meruapakan modal yang diperoleh perusahaan.
Pada tanggal pencatatan:
24/6/2011 Tidak ada ayat jurnal
Pada tanggal pembayaran
16/7/2011 Hutang
dividen
Rp100.000.000
Kas
Rp100.000.000
2.)
April
|
Hutang Usaha
|
1.000.000
|
|
|
Wesel Bayar/Hutang Wesel
|
|
1.000.000
|
Selanjutnya pada tanggal jatuh tempo
(30 Juni 2004) jurnal yang dibuat adalah
2004
Juni 30
|
Wesel Bayar/Hutang Wesel
|
1.000.000
|
|
|
Biaya Bunga
|
30.000
|
|
|
Kas
|
|
1.030.000
|
Bunga yang dibayar = 12% x 3/12 x
Rp1.000.000,00 = Rp30.000,00
3.)
2004
April 1
|
Hutang Usaha
|
90.000.000
|
|
|
Diskon atas Wesel Bayar
|
10.000.000
|
|
|
Wesel Bayar/Hutang Wesel
|
|
100.000.000
|
Saldo rekening wesel bayar
Rp100.000.000,00 dan saldo discount atas hutang wesel Rp10.000.000,00 disajikan
di neraca sebagai berikut :
Hutang Lancar :
|
|
|
Hutang Wesel
|
100.000.000
|
|
Dikurangi : Diskon atas Hutang
Wesel
|
10.000.000
|
90.000.000
|
Pada tanggal 30 Agustus 2004, pada
saat membayar wesel sebesar Rp100.000.000,00 perusahaan membuat dua jurnal
sebagai berikut :
2004
Agustus 30
|
Hutang Wesel
|
100.000.000
|
|
|
Kas
|
|
100.000.000
|
|
Biaya Bunga
|
10.000.000
|
|
|
Diskon atas Wesel Bayar
|
|
10.000.000
|
4)
Jurnal
laba yg
ditahan Rp
1.000.000
Hutang
deviden Rp
1.000.000
(utk mencatat adanya hutang deviden)
5)
Jurnal
Piutang
usaha 27.500.000
Penjualan 25.000.000
4. Pedoman penskoran
No
|
Aspek
dan Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kelengkapan
a.
kebenaran dalam perhitungan
b.
kekurangan pada jawaban
c.
kesalahan perhitungan
|
3
2
1
|
5. Remidial
Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya
bimbingan perorangan.
6. Pengayaan
Secara
mandiri peserta didik belajar dan menentukan struktur dan teks cerita yang
diminati.
Pertemuan
3
1.
Penilaian sikap
a.
Teknik : Pengamatan sikap
b.
Bentuk: Lembar Pengamatan
c.
Instrumen
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Jujur
|
Peduli
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
Rata-rata
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubric
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ejeg/konsisten
|
2
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan ajeg/konsisten.
|
3
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus
ajeg/konsisten
|
4
|
|
|
2.
Penilaian keterampilan
No
|
Nama siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep /strategi pemecahan
masalah
|
||||
|
|
KT
|
T
|
ST
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
KT : Kurang terampil jika sama sekali
tidak dapat menerapkan konsep/prinsip strategi pemecahan masalah yang relevan
dengan materi
T : Terampil jika menunjukan sudah
ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
strategi pemecahan masalah yang relevan dengan materi namun belum
maksimal
ST : sangat terampil jika menunjukan
adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
3.
Penilaian Pengetahuan
a. Teknik :
Tes Tertulis
b. Bentuk :
Uraian
c. instrument :
1). Pada tanggal 31 Desember 2010 data yang ada pada PT Suci menunjukkan adanya
upah buruh yang belum dibayar selama 4 hari. Analisa berikutnya menunjukkan
bahwa upah buruh per hari sebesar Rp 15.000
2). Sebuah
perusahaan yang bergerak sebagai agen penjualan tiket untuk konser music internasional akan
menyelenggrakan konser pada 16 feebuari 2016.pemesanan tiket dapat dilakukan
pada awal desember .pada tanggal 15 desember 2015 diterima pesanan tiket sebanyak 1000 tiket dengan harga @ 500.000
3) PT
wira memiliki laba tahun tahun 2006 100.000.000 bonus yang diberikan
5% dan pajak 20%.hitunglah bonus yang
akan diberikan pada karyawan apabila:
-
Laba sebelum dikurangi bonus dan pajak serta
-
Laba setelah dikurangi bonus dan pajak
4).
Selama bulan juni PT KITA menjual produk seharga 60.000.000 yang oleh perusahaan diberi jaminan 36 bulan untuk memperbaiki kerusakan produk
itu,pengalaman masa lalu menunjukan bahwa biaya rata-rata untuk memperbaiki
kerusakan adalah 5% dari harga jual
d. kunci jawaban
1.)
Biaya gaji dan upah
|
60.000
|
|
Hutang gaji dan upah
|
|
60.000
|
|
|
|
Tanggal
|
Keterangan
|
Debit
|
Kredit
|
15/12/2015
|
kas
|
500.000.000
|
|
|
Pendapatan diterima dimuka
|
|
500.000.000
|
16/2/2016
|
Pendapatan diterima dimuka
|
500.000.000
|
|
|
pendapatan
|
|
500.000.000
|
2).
3).Bonus yang dihitung dari
laba sebelum pajak
Bonus = 5%
x laba sebelum pajak
= 5% x 100.000.000
=
5.000.000
4)
Bonus laba dihitung setelah dikurangi bbonus
dan pajak
Bonus =
5%-( L-B-T)
T =
0,2 ( 100.000.000 – B)
B =
0.05( 100.000.000-B-0.2(100.000.000 – 2)
= 0.05(100.000.000 – B – 20.000.000 +0.2B)
=
5000.000-0.05B-1000.000+0.01B
B + 0.05B-0.01B = 4.000.000
1,04B =4.000.000
B =3.846.155
Beban jaminan
|
3.000.000
|
|
Hutang gaji dan upah
|
|
3.000.000
|
|
|
|
5)
Ketika
memperbaiki
Taksiran utang jaminan
|
3.000.000
|
|
kas
|
|
3.000.000
|
|
|
|
4.
Pedoman
penskoran
No
|
Aspek
dan Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kelengkapan
a.
kebenaran dalam perhitungan
b.
kekurangan pada jawaban
c.
kesalahan perhitungan
|
3
2
1
|
5.
Remidial
Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya
bimbingan perorangan.
6.
Pengayaan
Secara
mandiri peserta didik belajar dan menentukan struktur dan teks cerita yang
diminati.
H. Media, Alat dan Sumber Belajar
A.
Metode Pembelajaran
1. Tanya
jawab
2.
Diskusi
3.
Penugasan
B.
Alat / Media / Sumber Pembelajaran Bahan
tayang
1.
Lembar penilaian
2.
Laptop dan LCD
C. Sumber
belajar
Wibowo dan Abubakar Arif.2003.Akuntansi
Keuangaan Dasar 2.Jakarta
Banyudono , febuari 2016
0 komentar:
Posting Komentar